Final IBL 2023- Prawira Bandung Tekuk Pelita Jaya di Gim Pertama

Pelita Jaya Jakarta menyerah 65-74 dari Prawira Harum Bandung di gim pertama Final IBL 2023. Andakara Prastawa dkk gagal mengambil keuntungan bermain sebagai tuan rumah.

Bermain di Hall Basket Senayan, Kamis (20/7) malam WIB, Pelita memulai laga dengan lambat, namun berhasil memimpin 19-16 di akhir kuarter pertama. Prawira bangkit di kuarter kedua dan menahan Pelita di akhir paruh pertama dengan skor imbang 38-38.

Prawira tampil lebih dominan di kuarter selanjutnya. Pelita hanya bisa memimpin sekali, saat berbalik unggul 46-45, namun setelahnya Prawira kembali melaju dan menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 58-54.

Baca juga: Final IBL 2023: Head to Head Pelita Jaya Vs Prawira Bandung

Pada kuarter akhir, Prawira berupaya menjaga jarak. Pelita mendapat empat poin dari Aldy Rachman dan Hendrick Yonga, namun dua poin dari Reza Guntara dan Yudha Saputera serta tembakan tiga poin Indra Muhammad membuat tim tamu memimpin 65-58 di sisa waktu 4 menit 20 detik.

Lay up Guntara menambah keunggulan Prawira menjadi 67-58, namun satu tembakan bebas Dominique Sutton dan tembakan tiga angka Agassi Goantara mendekatkan jarak Pelita dengan Prawira menjadi 62-67.

Prawira menjauh menjadi 70-62 lewat tembakan tiga angka Guntara. Tembakan dua poin Yudha membuat jarak kedua tim melebar hingga 10 poin di sisa waktu 92 detik.

Baca juga: Asa David Singleton Lengkapi Gelar Bersama Prawira Bandung

Tembakan tiga angka Sutton kemudian mengubah skor menjadi 65-72, namun dua lemparan bebas Yudha di sisa waktu kurang dari 30 detik mengubah skor menjadi 74-65, yang bertahan hingga laga usai.

Guntara menjadi bintang utama kemenangan Prawira kali ini dengan mencetak 26 poin. “Alhamdullilah, Prawira bisa mengambil gim pertama. Kita cuma main basket, ngikutin instruksi pelatih, play a role, trust each other, itu saja,” ujar pemain 27 tahun itu usai laga.

Dengan hasil ini, Prawira memimpin 1-0 dalam sistem best of three. Laga kedua akan digelar di kandang Prawira, GOR C-Tra Arena, pada Sabtu (22/7) pukul 19.00 WIB. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri sebagai kampiun.

Baca juga: Final IBL 2023: Pelita Jaya atau Prawira Bandung yang Ukir Sejarah?

Sedangkan bagi Pelita, mereka wajib menang di laga kedua demi perpanjang napas ke gim tiga yang akan berlangsung Minggu (23/7).

(adp/raw)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Standforwoman. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.